25 April 2013

Dinas Kesehatan Lebong Operasi Katarak Gratis 113 Warga

Bengkulu Ekspres - 113 warga kurang mampu di Kabupaten Lebong menjalani operasi katarak gratis di RSUD Lebong kemarin. Kegiatan ini digagas Pemkab Lebong dan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Jawa Barat.
Kadinkes Lebong, dr H Iwan Suwarsa MKes mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menurunkan angka gangguan penglihatan dan kebutaan pada usia lanjut yang ada di masyarakat Kabupaten Lebong.
“Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh RISKESDAS tahun 2007, Provinsi Bengkulu menempati posisi ke 3 untuk kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Berdasarkan hal tersebut maka kami melaksanakan kegiatan operasi katarak ini,” jelas Iwan.
Dikatakan Iwan, jumlah pendaftar untuk dioperasi katarak sebenarnya mencapai 286 orang, namun mereka hanya mampu mengoperasi 113 orang peserta yang telah terpilih dan memenuhi kriteria persyaratan yang harus dioperasi.
Adapun sumber dana pada kegiatan tersebut yakni menggunakan dana APBD Kabupaten Lebong tahun 2013. “Hari ini (kemarin,red) kita telah mengoperasi sebanyak 113 peserta. Kalau yang telah mendaftar mencapai 286 orang lebih, namun jangan khawatir sebab kegiatan ini akan kita laksanakan secara berkelanjutan kedepannya,” ungkap Iwan.
Wakil Bupati Lebong Panca Wijaya yang membuka kegiatan tersebut mengatakan jika kegiatan operasi katarak tersebut sangat baik, hal tersebut guna mencegah dan mengatasi persoalan peglihatan yang banyak terjad di Kabupaten Lebong.
Dirinya pun meminta agar kegiatan ini terus dilaksanakan secara rutin, karena hal tersebut sangat membantu masyarakat Lebong terutama yang kurang mampu. “Kegiatan ini saya harap untuk kedepannya lebih di tingkatkan, jika perlu setiap tahun kita usulkan untuk kegiatan ini,” kata Wabup.(777)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

IKLAN BENGKULU

IKLAN BENGKULU UTARA

IKLAN LEBONG